LANGKAH
DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
Strategi pengembangan kewirausahaan dilakukan melalui
tiga strategi yaitu :
1.
Meningkatkan kemampuan kewirausahaan
2.
Membudayakan kewirausahaan
3.
Memberdayakan sumber daya
4.
Mendayagunakan sumberdaya
5.
Memberdayakan Koperasi Simpan Pinjam dan Lembaga Keuangan Mikro
Dalam upaya mempermudah akses calon wirausaha baru
terhadap sumbersumber permodalan untuk modal
Langkah-Langkah Yang Dilakukan Dalam Pengembangan Usaha, sbb;
Pertama kalinya adalah
jeli melihat pasar.
Dalam hal ini,
kebanyakan konsumen lebih memilih dan membeli produk yang tengah tren meskipun
dalam kualitas produknya nomor 2 daripada kualitas produk nomor 1 tapi
produknya ketinggalan jaman (dalam bidang garmen/usaha pakaian). Seandainya
dalam bidang makanan, konsumen lebih membeli produk yang mempunyai kualitas,
mutu, dan bergizi serta rasa yang enak.
Langkah kedua adalah
menjalin komunikasi dengan orang lain
Maksudnya agar tidak
ketinggalan informasi diperlukan mata-mata dalam menjalankan usaha, tentunya
mata-mata dalam ati positif yaitu orang yang bertugas mengumpulkan informasi
untuk mendukung kemajuan usahanya. Memperluas jaringan komunikasi sangatlah
penting selain mempermudah mendapatkan informasi juga dapat memperluas daerah
pemasaran.
Langkah ketiga yakni,
berani berinvestasi
Sebagai pemula dalam
usaha dengan dana/modal yang terbatas, diharapkan untuk berani menjual asset
sendiri yang dapat menghasilkan uang untuk berinvestasi ataupun berusaha
mengkredit uang dengan orang lain dengan syarat harus adanya pertanggungjawaban
untuk melunasinya.
Langkah keempat adalah
focus dalam usahanya
Kelemahan dari para
wirausahawan selama ini adalah tidak mampu mengelola kesuksesan yang
telah dicapai dengan melakukan tindakan yang tidak terkendali. Sebagai contoh,
beberapa pengusaha garmen tergiur keuntungan sesaat dari bisnis valas
saat krisis moneter 1998, akhirnya mereka mencoba berbisnis valas sedangkan
bisnis garmennya terbengkalai. Sementara bisnis valasnya merugi akibat
ketiadaan pengalaman bisnis financial, maka pengusaha tersebut gulung tikar.
Langkah kelima
adalah promosi
Dengan adanya promosi,
masyarakat dapat mengenal produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen dapat
tertarik membeli produk yang telah dibuat. Para wirausahawan dapat mengambil
alternatifnya yakni, dengan mengikuti bazaar, karena bazaar adalah sarana
promosi yang murah dan dapat dijadikan momen untuk mengambil keuntungan.
Setelah itu baru mempersiapkan brosur ataupun spanduk.
Untuk langkah
keenam adalah pemasaran yang dilakukan para wirausahawan
Dapat memilih tempat
yang strategis. Dan dalam hal memproduksi barang dan penamaan tempat (toko)
perlu adanya keunikan. Karena dengan keunikan suatu barang, maka kemungkinan
banyak konsumen yang mencari, dan semakin besar peluang untuk mendapatkan
keuntungan besar, dalam hal ini juga dapat memberikan nilai tambah didalam
penjualan produk atapun memberikan nilai diskon apabila pembelian banyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar